Oleh: BOCAH ANGON | April 5, 2010

PERKUTUT & PRIMBON

Bagi Anda yang suka pelihara burung, Perkutut adalah satu diantara burung peliharaan yang disukai banyak orang, karena beberapa kalangan menilai memelihara perkutut mendatangkan keberkahan. walaupun itu tidak boleh dijadikan alasan utama. oleh karena pendapat atau kepercayaan yang sifatnya turun-temurun, banyak sekali burung perkutut yang harganya sangat mahal, utamanya jenis yang memang sesuai dengan kategori tertentu yang sedang dicari.

Harga burung perkutut tidak saja dipengaruhi oleh suaranya yang bagus, tetapi juga dari segi bentuk dan warna bulunya, hal penting lainnya adalah saat kapan perkutut itu berbunnyi. Adapula semacam keharusan jika Anda ingin membeli perkutut, Anda tidak boleh menawar lebih dari satu kali, kalau perlu jangan ditawar dan langsung bayar. ini akan berpengaruh pada kondisi perkutut pada hari berikutnya. Pun juga Anda tidak boleh berpura-pura menawar jika memang tidak minat. Ada peraturan-peraturan yang tidak tertulis mengenai jual beli perkutut ini, oleh karenanya jika Anda ingin memelihara, ajaklah orang yang memang mengerti akan seluk beluk dari perkutut ini.

Dari beberapa literatur jawa ada beberapa jenis perkutut yang membawa berkah kepada pemiliknya, bahkan ada pula yang bikin sial bagi pemeliharanya. Oleh karenanya jangan sembarangan jika Anda ingin memelihara burung ini, sebaiknya simak katuranggan dibawah ini :

1. Kuku jari keduanya dan ibu jari keduanya berwarna putih namanya: Srimangepel, cocok jadi peliharaan petani karena dipercaya rejeki dari pertaniannya akan melimpah.

2. Paruh dan kakinya agak hitam, namanya: Wisnuwicitra , yang memelihara , akan rahayu, selamat dari berbagai cobaan .

3. Paruh dan kakinya putih , namanya Kusumawecitra, yang memelihara akan banyak rejeki dan gampang mencari hubungan kerja.

4. Jumlah bulu ekornya 15 , namanya: Pandawamijil, yang memelihara akan jadi orang terhormat, punya pangkat

5. Matanya merah bersinar bergoyang: Purnama sidi ,yang memelihara disenangi banyak orang, gampang bergaul.

6. Seluruh tubuhnya berwarna putih, yang memelihara pasti jadi ketua ( kepala desa , camat, bupati , dll.)

7. Jika pagi berbunyi bersamaan dengan terbitnya matahari, namanya : Gedong menga, , yang memelihara banyak memperoleh rezeki, dan punya emas dan perak yang banyak..

8. Warnanya akag kuning dan warna seperti kalung di leher, namanya : Udan mas, baik, di pemelihara akan mendapat apa yang diinginkan dan memperoleh keselamatan, rejekinya lancar terus

9. Matanya kuning, bersinar. namanya : Mercujiwa, yang memelihara disenangi orang, mendatangkan rejeki, dan gampang mencari pekerjaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: