Oleh: BOCAH ANGON | Agustus 30, 2010

Menyingkap Rahasia Wudlu

Keistimewaan wudhu’ dalam tinjauan medis:
* Wudhu’ tidak hanya membersihkan organ-organ tubuh bagian luar beberapa waktu dalam sehari sebelum sholat. Pengaruh psikologi dan spiritual dirasakan lebih dalam oleh seorang muslim setelah wudhu’, terutama sekali ketika wudhu’ tersebut dilakukan secara sempurna. Wudhu’ juga berperan penting dalam kehidupan seorang muslim, karena dengan wudhu’ akan menjaga mereka selalu dalam keadaan suci, sebagaimana sabda Rasululloh SAW di atas (Shahih HR. Muslim, I:148 dan lainnya).

* Proses pembersihan (membasuh) organ-organ yang biasanya tidak terlindung dari debu sudah pasti mempunyai arti yang besar bagi kesehatan secara umum. Bagian tubuh yang terpapar sepanjang hari, tidak terhindar dari sejumlah besar mikroba dalam hitungan jutaan per sentimeter kubik udara. Mikroba ini melakukan serangan terus menerus melawan tubuh manusia pada area kulit yang terpapar. Dengan wudhu’, mikroba dapat terangkat oleh usapan yang mengejutkan di permukaan kulit, terutama jika disertai pijatan yang sempurna dan menuang air secukupnya, seperti tuntunan Rasululloh SAW. Bila proses tersebut diikuti dengan benar, maka tidak ada kotoran atau kuman yang tertinggal di tubuh kecuali apa yang telah Alloh tetapkan.

* Berkumur dengan mulut. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa berkumur bisa melindungi mulut dan kerongkongan/tenggorokan dari inflamasi, dan juga gusi bernanah (pyorrhea). Selain itu juga dapat melindungi dan membersihkan gigi, yakni dapat mengeluarkan sisa makanan yang tertinggal di gigi.

* Menghirup air melalui hidung. Membasuh dan membersihkan hidung sangat membantu dalam menjaga agar lubang hidung bersih dan bebas dari inflamasi dan kuman, dengan demikian akan mencerminkan kondisi kesehatan tubuh yang baik secara keseluruhan.

* Membasuh wajah dan kedua tangan. Membasuh wajah dan kedua tangan hingga siku mempunyai manfaat besar dalam mengangkat debu dan mikroba maupun keringat dari permukaan kulit. Selain itu juga membersihkan kulit dari substansi berlemak yang disekresikan kelenjar kulit, kondisi ini biasanya menjadi tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan dan makanan kuman.

* Membasuh kedua kaki. Membasuh kaki dengan pijatan menimbulkan perasaan tenang dan puas yang meliputi seorang muslim setelah wudhu’.

* Rahasia-rahasia lain dari wudhu’. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sirkulasi darah pada lengan tangan bagian atas hingga lengan bagian bawah, dan pada lengan kaki bagian bawah hingga posisi kaki lebih rendah dibandingkan organ-organ lainnya, sekelililng badan hingga pusat regulasi darah, yakni jantung. Jadi, membasuh kedua lengan tersebut dengan pijatan setiap kali wudhu’ membantu memperkuat sirkulasi darah di bagian ini, dengan demikian menambah vitalitas dan aktivitas tubuh.
Ilmu pengetahuan juga telah membuktikan efek dari sinar matahari, terutama sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit. Efek ini dapat diturunkan sangat baik dengan berwudhu’, yakni terus menerus membasahi permukaan kulit dengan air, terutama sekali organ-organ yang terpapar sinar matahari. Ini membantu melindungi permukaan dan lapisan internal sel kulit dari pengaruh berbahaya sinar matahari.

Keistimewaan wudhu’ dalam tinjauan agama :
· Ahmad Dari Abu Hurairah Radliyallahu Anhu ia berkata telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :” maukah aku tunjukkan kepada kalian beberpa hal yang dengan itu Allah kan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?”. “Mau ya Rasulallah”. Ujar mereka. Sabda beliau:”Yaitu menyempurnakan wudhu’ ketika dalam keadaan sulit(3), sering melangkah menuju ke mesjid dan menunggu sholat setelah selesai mengerjakan Sholat(4), yang demikian itu adalah perjuangan (ribath)(5), perjuangan, perjuangan”. (Shahih HR. Muslim, I:151 dan lainnya, Lihat Mukhtashar Muslim, no 133.)

Dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘Anhu bahwasannya Rasulallah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam bersabda:”Apabila seorang hamba muslim berwudhu’, lalu ia mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang ia pernah melihat(yang haram) dengan matanya bersama dengan air atau bersama dengan tetesan yang terakhir. Bila ia mencuci kedua tangannya, keluar dari tangannya setiap dosa yang pernah dilakukan oleh tangannya bersamaan dengan air atau tetesan air yang treakhir. Dan bila ia mencuci kedua kakinya, akan keluar dosa-dosa yang dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau barsamaan dengan tetesan air yang terakhir, hingga ia keluar dalam keadan bersih dari dosa” (Shahih HR. Muslim, I:148 dan lainnya).

Dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘Anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam ketika datang ke pemakaman beliau mengucapkan “Assalamu’alaikum daar qaumi mu’minin. Wa Insya Allah bikum ‘an qariibin laa hiquun”(Kesejahteraan kepada kamu wahai penghuni perkampungan kaum mu’minin, dan insya Allah tidak lama lagi kami akan menyusul kamu). Alangkah inginnya hatiku ketika hendak melihat saudara- saudaraku!. Para shahabat berkata:” Bukankah kami ini saudara-saudara engkau ya Rasulullah?” Sabda beliau :” Kalian ini para shahabatku, adapun saudara-saudaraku adalah orang yang belum muncul”. Mereka bertanya:”Bagaimana engkau dapat mengetahui keadaan umat yang belum muncul itu ya Rasulullah ?” Jawab beliau :” bagaimana pendapat kalian bila umpamanya seseorang mempunyai kuda berwarna putih cemerlang yang pada dahi dan kakinya yang berada ditengah-tengah kuda yang berwarna hitam pekat, tidakkah ia dapat mengenali kuda itu.?”. Dapat ya Rasulullah”. Ujar mereka. Kata Beliau “Demikianlah halnya mereka itu, mereka datang dalam keadaan putih cemerlang bertanda dengan wudhu’ sedangkanaku menjadi perintis mereka menuju telaga. Ketahuilah sesungguhnya ada beberapa orang yang ditolak masuk telaga seperti onta sesat yang diusir, aku menyeru mereka: mari ke sini”. Lalu dikatakan:”Sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang menyelewang sepeninggalmu, maka aku katakan (kalau begitu) celaka, celaka mereka” ( Shahih HR. Muslim,1:150).

Alloh SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan sholat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. jika kamu junub maka mandilah… (QS. Al-Maidah:6)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: